Angkringan Magelang

Setelah hampir dua tahun tinggal di Bandung, baru semalam saya menemukan tempat makan se-oke ini. Hahahaha. Jangan membayangkan rumah makan mewah cozy free-wifi dengan makanan super enak dan harga murah. — Eh ada nggak ya yang begini? 😛 — Buat yang kenal istilah angkringan pasti tahu tempat makan seperti apa yang saya maksud. Nasi bungkus murah, di pinggir jalan, lesehan, ya kira-kira begitu lah gambarannya.

Angkringan Magelang ini terletak tepat di seberang gerbang kampus ITB, atau yang biasa disebut gerbang Ganesha, ada spanduk di depannya. Menunya ya standar. Nasi bungkus yang kalau di daerah Jawa Tengah biasa disebut nasi kucing atau nasi bodrex. FYI, nasi kucing itu maksudnya karena porsi sebungkus nasinya itu sangat sedikit, cuma cukup buat makan kucing. Disebut juga nasi bodrex karena sebungkusnya seharga bodrex, pada jamannya. Saya juga nggak tau berapa harga Bodrex sekarang, yang pasti nasi bungkus Angkringan Magelang berharga 1500 rupiah sebungkusnya

Nasi bungkusnya hanya memiliki satu lauk per bungkus. Ada ayam, bandeng, teri, mi, dan tempe. Lauknya sih biasanya cuma secuil super sedikit 😀 Kalau kurang lauknya, di sana juga tersedia tahu-tempe bacem, sate usus, sate bakso, sate sosis, serta ceker dan kepala ayam. Harganya bervariasi. Sejauh ini yang saya tahu ususnya berharga 1500 dan tahu-tempe bacem 500. Makanan-makanan itu dalam kondisi dingin. Buat lauk, bisa minta dipanasin dulu. Lauknya akan dibakar di atas arang. Buat nasi, yah, terpaksa terima aja nggak hangat.

Minuman yang tersedia di sana juga macem-macem. Yang gratis sih teh tawar, kan tradisi, hahaha. Ada teh manis, teh tarik, susu, dkk. Kita bisa minta panas atau dingin. Tapi agak lama nih kalo minuman yang dibikinin dulu.

Pas pertama ke sana tadi, saya menghabiskan 3 bungkus nasi, sepotong tahu bacem, setusuk usus, segelas es teh tarik, dan membayar 9500 rupiah. 😀 secara keseluruhan enak, untuk ukuran makanan murah. Cuma tempatnya nggak begitu nyaman *yaiyalah*. Lebih nyaman kalo duduk lesehan. Saya tadi duduk di meja dan deket kompor jadi berasa gimana gitu.

Recommended nih, terutama buat anak ITB yang lagi ngirit 😀 makan nasi cuma 1500an, di Bandung, kapan lagi? 😛

Advertisements

One thought on “Angkringan Magelang

  1. Saya adalah pelanggan kedua (atau ketiga ya?) angkringan magelang pas hari pertama buka warung. Awal-awal sih seneng2 aja ada angkringan deket kampus (sebelumnya ada sih di ganyang, tapi males, jauh 😀 ). Tapi lama-lama jadi terlalu rame, trus stok makanannya sering nggak siap. Yang nasinya abis, sundukan telur ngga ada, dll. Akhirnya jadi agak malessss nangkring di sana…. 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s