The Google Drive

Halo semuanya. šŸ˜€

Setelah sekian lama saya kabur dari blog ini, sekarang saya kabur dari kehidupan nyata yang menunggu di luar sana untuk mengupdate blog ini. Muhahahahahaha.

Nggak sih, sebenarnya saya baru saja menemukan satu lagi teknologi yang sangat menarik dari Google. Teknologi ini namanya Google Drive.

Apa sih Google Drive itu? Kalau mau tau lengkapnya cek ajaĀ https://drive.google.com/start#home. Hahaha. Singkatnya, Google Drive ini adalah aplikasiĀ online storageĀ semacam Dropbox.

Lalu apa istimewanya si Google Drive ini? Nah, kalau mau baca versi Googlenya, ya silakan saja datang keĀ https://drive.google.com/start#features.

Ini kelebihan Google Drive versi saya, cuma sedikit sih, tapi buat saya ini sudah sangat outstandingĀ kalau dibandingkan sama Dropbox:

  1. UkuranĀ storage-nya dua kali lipat Dropbox. Lebih malah. Dropbox itu yang gratisnya 2 GB, sementara Google Drive ini 5 GB. Nah kan. Ini khas anak kosan banget nyari yang gratis murah dan banyak. šŸ˜€
  2. Simpel sekali. Kita tidak perlu membuat akun lagi. Capek juga kan tiap ada aplikasi baru bikin akun. Nah karena ini dari Google, maka kita cukup menggunakan akun Google kita. Dan bersyukurlah mahasiswa IF STI 2009 dan yang lebih muda, karena kita sudah dibuatkan akun Google oleh duktek yang membuat kita jadi nggak perlu bikin akun Google lain lagi. Hore! šŸ˜€
  3. Alasan ketiga ini yang bikin saya melonjak terkagum-kagum sakingĀ too good too be true nya. Apakah itu? Jeng jeng.. Google Drive juga tersinkronisasi dengan Google Docs! *confetti* Ini luar biasa saudara saudara. Jadi file Google Docs yang tersimpan di Google Drive itu punya ekstensi .gdoc, .gsheet, dan sodara-sodaranya. Dan file ini jika di-klik akan langsung membuka halaman Google Docs yang bersangkutan. Woohooooo! Imbalance sekali ini saudara-saudara, seperti nama kelompok tugas Pemrograman Internet saya. Jadi kita bisa mengubah-ubah dokumen tersebut berbarengan tanpa masalah. Nggak ada lagi itu ceritanyaĀ conflicted copyĀ semacam di Dropbox. Tapi ya, masalahnya kita harus selalu terkoneksi dengan internet untuk mengubah file-file tersebut. Beda dengan Dropbox yang bisa membuat kita mengubah file tanpa terkoneksi ke internet dan melakukan sinkronisasi kemudian.

CukupĀ outstanding kan? šŸ˜€ Tapi sebenarnya mau gimana juga tetap kembali ke kebutuhan kita gimana sih. Saya sendiri, sebagai mahasiswa Teknik Informatika yang banyak mengerjakan tugas kelompok, dengan waktu yang sedikit sehingga sebenarnya mustahil,Ā benda ini sangat membantu karena saya bisa mengubah-ubah sesuka hati tanpa peduli jika teman saya juga mengubah-ubah. Toh setiap perubahan yang dilakukan siapapun pasti tersimpan dan nggak ada istilahnyaĀ conflicted copy. šŸ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s