Sendirian

Yang paling nikmat buat saya adalah sendirian. Memang, sudah lama sekali saya nggak melakukan hal semacam ini. Pergi ke suatu tempat yang nggak ada orang yang saya kenal, duduk atau jalan-jalan sendirian. For the sake of being alone.

Bukannya saya nggak suka berada di keramaian, bahkan menurut salah satu tes kepribadian, saya sanguinis. Orang sanguinis itu biasanya butuh keramaian, karena mereka suka menjadi pusat perhatian. Hahaha.

Tapi ada satu hal yang sangat nikmat dari menjadi sendiri. Kita jadi merasa bebas melakukan apapun. Yah, meskipun beberapa tanggung jawab seperti tugas besar dan lain-lain ini masih harus dikerjakan, setidaknya saya tidak perlu terikat dengan keberadaan orang lain. Saya nggak perlu janjian dulu akan pergi jam berapa, pulang jam berapa, dan sebagainya. Saya juga nggak perlu merasa nggak enak karena teman pergi saya sudah mulai terlihat bosan, atau mungkin saya yang bosan sementara dia masih asyik.

Beberapa waktu yang lalu saya tiba-tiba merasa tidak berdaya, seperti sudah nggak ada gunanya lagi hidup. Kemudian akhirnya saya berhasil bangkit dari kasur dan memutuskan untuk berjalan-jalan sendiri. Saat itulah saya kembali menemukan nikmatnya sendirian. Ramai sih di sekitar, tapi keramaian yang tidak saya kenal. Yang tidak menuntut saya untuk terlibat dalam pembicaraan. Yah, orang biasanya nggak menuntut saya terlibat, tapi sifat sanguin dalam diri saya lah yang akhirnya menuntut untuk terlibat pembicaraan.

Menurut tes kepribadian yang sama, sebenarnya saya ini sanguinis melankolis, dengan perbedaan keduanya tidak begitu besar. Jadi ya wajar kalau saya seperti butuh waktu untuk sendirian sama besarnya dengan saya butuh waktu menjadi pusat berada di keramaian.

Satu hal yang saya syukuri adalah jika saya sedang pergi bersama pacar, ada kalanya kami akan saling membiarkan yang lain tenggelam dalam dunianya masing-masing. Buat saya ini hampir sama nikmatnya dengan pergi sendirian. Tapi belakangan ini saya memang butuh sangat banyak waktu sendirian, sudah bosan menjadi pusat keramaian. :p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s