Hiburan Anak-Anak Jaman Dulu Bagus

“… tapi sekarang nggak. Kenapa sih nggak ada yang bikin yang bagus kayak jaman dulu”.

Kutipan di atas seringkali terdengar diucapkan oleh orang-orang seumuran saya. Yang masa kecilnya hidup di tengah-tengah maraknya hiburan anak-anak berkualitas. Yang sebelum tidur waktu masih kecil selalu diberi senandung Nina Bobo. Yang waktu baru masuk sekolah diajarkan bernyanyi Bintang Kecil dan Cicak di Dinding. Yang setiap hari Minggu paginya dihabiskan dengan menonton Dragon Ball dan Doraemon. Dan masih banyak lagi.

Generasi kami memang generasi emas, mungkin. Berbeda dengan orang-orang seumuran saya, yang kebanyakan begitu cinta pada masa kecilnya, saya jatuh cinta dengan hal-hal yang lain. Saya masih ingat waktu pertama kali menonton sebuah film yang dibintangi oleh Lindsay Lohan, Confession of a Teenage Drama Queen, atau Mean Girls. Ya, film-film itu secara budaya agak lebih dewasa dibanding umur saya saat menontonnya. Namun pesan moral yang saya tangkap dari film-film itu berhasil menarik saya untuk lebih memperhatikannya. Pesan moral bahwa yang baik selalu menang dan yang jahat pasti kalah. Pesan moral bahwa keluarga dan teman sejati jauh lebih berharga daripada popularitas dan pergaulan. Pesan moral bahwa kebohongan pasti akan berujung pada ketidakbaikan. Dan masih banyak lagi.

Mengapa saya tiba-tiba menuliskan hal ini? Yah, saya tadi tiba-tiba merasa rindu ingin menonton film-film itu lagi. Dan otak saya yang sangat mudah menyambung-nyambungkan satu hal dengan hal yang lain ini memikirkan sesuatu yang sebenarnya sudah agak lama mengganggu:

“Anak SMP itu tontonannya apa sih? Kok kayaknya nggak ada yang cocok ya.”

Saya menonton, Confession of A Teenage Drama Queen, Raise Your Voice, Mean Girls, dan kawan-kawannya itu waktu saya masih SMP.

Dan otak saya yang hobi gonta-ganti topik ini berkesimpulan:

“Berarti tontonan jaman dulu itu memang bagus semua ya.”

Jaman sekarang, ada Spongebob untuk tontonan anak-anak. Baguskah itu? Untuk anak-anak? Silakan jawab sendiri. Nama latar tempat tinggal mereka aja Bikini Bottom. Tau kan itu artinya apa?

Jaman sekarang, ada Glee untuk tontonan anak SMP-SMA. Baguskah itu? Awalnya mungkin bagus. Tapi belakangan malah jadi nggak jelas.

Iya, tontonan jaman dulu bagus. Sekarang kita udah umur segini dan tontonan jaman sekarang nggak bagus. Terus kita bisa apa? Bisa bikin sesuatu lah. Bikin apa? Nah itu silakan jawab masing-masing. Ayo berhenti menyalahkan keadaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s