Solusi yang Belum Tentu Tepat versi Yahoo! Mail

Malam ini saya menemukan sesuatu yang menarik dari Yahoo! Mail. Layanan pengiriman pesan elektronik milik Yahoo! ini sepertinya mulai banyak ditinggalkan pengguna. Namun karena saya orang yang sulit move on, jadi saya masih menggunakannya sampai sekarang.

Beberapa waktu yang lalu, sering ada pesan berupa spam yang masuk ke kotak masuk surat elektronik (inbox e-mail) saya. Lucunya, pesan ini dikirim oleh orang yang saya kenal. Isinya biasanya hanya sebaris berupa tautan ke sebuah situs yang entahlah apa. Mungkin kalau saya ikuti tautan itu alamat surat elektronik saya bisa memiliki kelakuan yang sama dengan si pengirim surat elektronik itu.

Iya, entah mengapa, Yahoo! yang kelihatannya salah satu perusahaan yang besar, kecolongan sehingga para pelanggannya bisa dengan mudah terkena scam. Mengeklik sebuah tautan, mungkin memberi akses kepada pencuri untuk mengirim surel yang berupa spam ke banyak orang, voila! Tiba-tiba alamat surat elektronik yang bersangkutan mengirim ribuan surel berupa span dalam sehari.

Nah, belakangan ini, saya juga baru sadar, memang sudah tidak banyak (tidak ada, bahkan) alamat surat elektronik yang saya kenal yang mengalami hal tersebut. Kotak masuk saya sudah lama bersih dari hal-hal semacam itu. Bahkan folder spam saya pun tidak berisi hal-hal semacam itu (iya, saya suka mengecek folder spam, siapa tau ada surel nyangkut).

Saya sebenarnya sama sekali tidak sadar, sampai tadi. Saya mendapat pesan penting dari seseorang yang harus diteruskan kepada seluruh teman sekelas kuliah saya. Karena kuliahnya bukan mata kuliah jurusan saya, jadi tidak ada milis khusus ke mana saya bisa langsung mengirim surel ke semua orang sekelas. Awalnya juga saya bingung bagaimana harus meneruskan kabar ini. Sampai saya ingat bahwa soal ujian dikirim ke alamat surat elektronik pribadi setiap peserta kelas. Jadilah saya mengirim surel dengan menuliskan semua alamat surat elektronik tersebut di kolom Kepada melalui Yahoo! karena saya mendaftarkan alamat surat elektronik Yahoo! saya untuk mata kuliah tersebut.

Setelah menulis surel yang panjangnya 3 paragraf, saat saya menekan tombol “Kirim”, ternyata ada peringatan dari Yahoo! yang menuntun saya ke sebuah halaman bantuan. Isi halaman itu kurang lebih menyatakan bahwa alamat saya diduga kecolongan mengirim surel acak ke banyak orang.

Grrrr.. Padahal saya mau mengirim kabar penting. Untung saja saya masih memiliki alamat surat elektronik yang dikelola Google Mail.

Nah jadi, sepertinya penyebab sudah tidak adanya surel spam dari akun yang dikenal belakangan ini adalah karena filter baru yang ditetapkan Yahoo! Mail. Hanya saja, menurut saya ini solusi yang tidak hanya menyelesaikan masalah, tapi juga menambah masalah baru. Karena saya yang mau mengirim surel ke banyak orang sekaligus jadi tidak bisa…

Setelah menulis ini saya baru sadar. Harusnya saya manfaatkan saja kolom CC untuk menulis alamat yang banyak itu. Yah, sudahlah. Hahaha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s