Android KitKat: Iklan Mobile OS atau Iklan Makanan?

Android baru saja merilis versi terbaru dari sistem operasi mobilenya. Android versi 4.4, atau yang lebih dipopulerkan dengan nama Android KitKat. Ya, KitKat yang merupakan produk wafer cokelat dari Nestle. KitKat yang itu. Dan bukan tidak disengaja.

Kalau kita membuka website Android di sini, di bagian paling bawah halaman tersebut akan ada tombol untuk pergi ke dua halaman berbeda. Tombol itu terbaca “Learn more about Kit Kat” dan “Learn more about Nexus”. Jika kita pergi untuk belajar lebih tentang Kit Kat, kita akan dibawa ke website KitKat di kitkat.com.

Kejutan belum berakhir di situ, website KitKat pun sudah didesain sedemikian rupa sehingga terlihat sangat sophisticated. Desain yang biasanya khas terlihat di produk yang berkaitan dengan teknologi. Bahkan konten dari website tersebut pun dibuat mirip dengan iklan sebuah produk gadget. Dari penampilan KitKatnya yang dibuat sangat menarik sampai ada bagian yang berjudul Tech Specs, seperti layaknya profil dari gadget.

Gabungan captured screen dari website KitKat

Gabungan captured screen dari website KitKat, dicapture dari kitkat.com dengan menggunakan snipping tool

Sepertinya ini merupakan terobosan yang luar biasa. Salah satu teman berkata, “saham Unilever pasti naik harganya! Tau gitu kemaren beli saham Unilever”. Unilever adalah perusahaan induk dari Nestle. Ini dari segi bisnis. Beberapa orang teman lain yang saya tunjukkan website KitKat berkomentar, “ah jadi pengen KitKat. Beli KitKat yuk!”

Sepertinya pembicaraan untuk versi Android berikutnya tidak hanya akan dibicarakan oleh para penggemar teknologi. Bukan tidak mungkin setelah ini para produsen makanan akan mulai berpikir untuk mendekati Google untuk versi Android selanjutnya.

Pertanyaannya, siapa yang tahu bahwa mungkin saja Google sudah merencanakan hal ini sejak dia menamai seri Android dengan nama makanan manis? 😉

Updated:
Ternyata, menurut TechCrunch dan The Verge, tidak ada kontrak berupa pertukaran uang yang terjadi dalam kesepakatan antara Google dan Nestle. Semakin menarik kan?

Advertisements

2 thoughts on “Android KitKat: Iklan Mobile OS atau Iklan Makanan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s