Sedikit Tentang Indonesia

Tulisan ini hanya hasil pemikiran saya sendiri yang berupa opini. Banyak hal yang mungkin terbaca seperti fakta, tapi sebenarnya saya sama sekali tidak melakukan riset apapun saat membuat tulisan ini. Semua yang saya tulis di sini adalah opini. Jika ada yang memang salah atau menyinggung, mari kita diskusikan bersama di kolom komentar.

Saya sedang menunggu program tugas akhir saya mencari data saat saya akhirnya memutuskan untuk makan siang. Sebelum makan, saya melihat apa yang menarik di newsfeed Facebook saya. Lalu saya menemukan ada teman Facebook saya yang membagi link ini. Isinya adalah mengenai rencana Soekarno terhadap pengelolaan seluruh wilayah Indonesia. Rencana ini, sayangnya, tidak bisa diwujudkan karena Soeharto, yang kemudian memerintah, tidak melanjutkan rencana tersebut.

Saat membaca, banyak pertanyaan yang timbul dalam otak saya. Salah satunya adalah, “Presiden Indonesia setelah Soeharto harusnya sudah membaca ini sebelumnya kan?”. Pertanyaan yang kemudian ditanggapi dengan pertanyaan lain, “Jika memang sudah, lantas mengapa tidak ada yang berusaha mewujudkan hal ini?”. Terus saya berpikir hingga akhirnya muncul sebuah jawaban bahwa memang sudah terlambat untuk mewujudkan rencana itu.

Masa pemerintahan Soeharto yang mencapai 30 tahun lebih di Indonesia membawa banyak sekali pengaruh yang tidak bisa semuanya dibilang baik. Bukan hal mudah tentunya untuk mengubah sesuatu yang sudah dibangun selama 30 tahun. Kalaupun bisa, paling perubahan yang ditimbulkan hanya pada bagian-bagian tertentu saja dan belum menyeluruh. Soeharto memerintah selama 30 tahun saat Indonesia sedang berkembang, kurang lebih 20 tahun setelah kemerdekaan. Jika negara dianggap sama dengan manusia, maka masa-masa itu adalah masa emas untuk menentukan masa depan. Begitu pemerintahan Soeharto berakhir, harusnya Indonesia sudah mapan, atau jatuh terpuruk. Sayangnya kita menuju yang kedua.

Kembali pada analogi negara dengan manusia, sekarang usia Indonesia sudah lewat 68 tahun, sudah tua dan saatnya beristirahat. Tapi karena kelakuan buruknya selama usia 20an, penyakitnya muncul di mana-mana. Salah satu gejalanya adalah makin banyak pejabat yang tertangkap korupsi. Belum lagi masalah masyarakatnya yang masih banyak yang kurang berpendidikan, yang salah satunya disebabkan oleh tidak meratanya pendidikan di Indonesia.

Untungnya, negara tidak serapuh manusia. Seperti halnya benda buatan manusia yang lain, masa hidup suatu negara ya manusia yang mengaturnya yang menentukan. Enaknya, negara tidak seperti manusia, saat ada satu hal yang bermasalah, bisa dengan mudah (tidak semudah itu sih) diganti dengan yang lebih baik agar negara tidak mati (meskipun sudah rusak berat). Kalau memang mau, pemerintah Indonesia harusnya bisa mengajak pakar di setiap bidang di urusan kenegaraan untuk bergerak bersama-sama. Bukankah seharusnya sudah banyak pakar dan ahli tiap bidang di urusan kenegaraan dengan banyaknya perguruan tinggi berkualitas dan sudah memiliki standardisasi internasional di Indonesia ini?

2014 akan menjadi tahun pemerintahan yang baru untuk Indonesia. Sepertinya sudah saatnya anak muda di Indonesia ikut terlibat lebih jauh dalam menentukan jalannya pemerintahan. Sayangnya, kondisi anak muda di Indonesia sekarang tidak bisa dibilang sebagai kondisi yang sangat bagus. Yah, kalau memang tidak bisa mengubah kondisi anak muda di Indonesia, tidak ada salahnya memulai perubahan dari diri sendiri. Dimulai dari mencari tahu siapa yang memang sebaiknya dipilih untuk menjadi perwakilan suara saya nantinya di kursi legislatif. Dimulai dengan mencoba berpartisipasi mengamalkan ilmu yang dimiliki untuk ikut membangun negara.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s